Tuesday 23 July 2013

Solusi Android Sering Hang Atau Restart

 Solusi Android Sering Hang Atau Restart - Banyak permasalahan yang sering muncul dan tidak diketahui penyebabnya oleh kebanyakan user android pemula. Rata-rata dari mereka mengeluhkan "Android saya memory nya sering penuh low space padahal saya tidak melakukan apa-apa" , "Android saya lemot, kadang ngeblank dan sering mati sendiri".

Kalau dianalisa pakai terawangan bisa dibayangkan penyebabnya ada dua.

Satu, android sering hang karena memory RAM habis dimakan aplikasi-aplikasi yang running. Dulu saya sering kejadian seperti diatas. X10 Mini yang pada dasarnya memiliki kapasitas RAM yang amat sangat kecil (182MB) saya install aplikasi-aplikasi sosial seperti LINE, WeChat, Whatsapp, Instagram, Friendcaster, dan juga Plume tanpa menggunakan Link2SD untuk memindah aplikasi ke SDCard. Hasilnya? Suatu ketika saya cek di menu settings, tertulis space RAM 0.0KB dan seketika itu juga handphone saya freeze tidak bisa diapa-apakan. Layar touchscreen tidak mau merespon hingga pada akhirnya saya diamkan beberapa saat lalu kapasitas RAM mau bertambah sedikit demi sedikit lalu habis lagi.

Dua, android sering hang atau restart karena crash. Crash yang saya maksud disini bermacam-macam. Bisa crash karena system error, crash karena tweaks yang diaplikasikan berbenturan dengan tweaks yang lain, atau crash karena jalan main aplikasi A dengan aplikasi B berlawanan misal Juice Defender dengan DR. Battery Saver.

Keterangan diatas merupakan analisa secara singkat melalui terawangan. Lalu apa dan bagaimana sih Solusi Android Sering Hang Atau Restart?

1. Sesuaikan Jumlah Aplikasi dengan Kapasitas RAM
Terkadang kita terlalu over dalam menginstall aplikasi pihak ketiga terutama aplikasi-aplikasi sosial yang kebanyakan berjalan di background. Hindari itu. Kalau terpaksa, silahkan cari referensi supaya RAM android anda hemat.

2. Install Aplikasi Android di Memory Eksternal (SDCard)
Ya, install aplikasi di SDCard. Gunanya supaya memory internal kosong dan tidak terlalu terbebani dengan aplikasi-aplikasi anda. Selain itu juga aplikasi yang bisa kalian install juga kemungkinan menjadi lebih banyak. Kalau anda bertanya "Bukannya kalau install aplikasi di SDCard bikin android lemot?" saya rasa tidak juga. Buktinya saya lancar selama ini. Hanya memakai memory class 4. Namun kalau anda memaksa berfikir seperti itu, apa gunanya SDCard class 10 dibuat :)

3. Install Aplikasi Android Yang Bermanfaat
Install aplikasi-aplikasi yang berguna demi kepentingan anda. Sebaiknya hapus aplikasi yang tidak pernah anda sentuh sedikit pun karena hanya akan membebani system.

Android

4. Hapus Aplikasi System Yang Tidak Berguna
Tidak hanya aplikasi pihak ketiga saja yang perlu disingkirkan dari daftar menu anda. Contoh kasusnya saya tidak pernah memakai layanan GTalk bawaan android ataupun saya tidak terbiasa memakai keyboard original. Saya lebih suka memakai aplikasi lain seperti Smart Keyboard. Nah, dari situ ketimbang aplikasinya hanya memenuhi space kosong di internal lebih baik dihapus. * Hanya untuk user yang mengerti *

Referensi :
Tutorial Cara Menghapus Aplikasi System Android Dengan Mudah

5. Install Task Killer atau Auto Killer
Jujur terkadang saya kurang setuju dengan pendapat orang yang menyatakan kalau Task Killer/Auto Killer itu tidak baik untuk android. Padahal sesudah saya pelajari satu demi satu yang saya dapat ternyata luar biasa. Hingga pernah saya mengatakan lebih baik memakai Auto Killer daripada Supercharger. Jadi, silahkan install kalau ingin mencobanya.

6. Jangan Meng-overclock CPU Berlebihan
Apa yang ada dibenak anda bila clock CPU android anda dinaikan. Apa performanya menjadi kencang? Ya bisa jadi. Tapi lihat bila anda terlalu agresif dalam meng-overclock CPU. Aplikasi sering force close, not responding, hang, bahkan freeze sampai ke bootloop :D

7. Ada Yang Mau Menambahkan?
Silahkan.

Jadi itulah beberapa Solusi Android Sering Hang Atau Restart. Yang paling sering terjadi, android hang karena kehabisan kapasitas RAM atau terjadi crash. Semoga bermanfaat untuk anda semua.

11 comments :

Unknown said...

mau nanya boleh? android saya galaxy y,waktu itu saya lagi buka aplikasi kamera tibatiba hp saya hang bersamaan dengan itu notif whatsapp masuk,lalu android saya mati. ketika saya nyalakan kembali,banyak notif force close. bisa bantu gimana cara memperbaikinya?home pun gamau ke buka

Unknown said...

Coba di factory reset atau wipe data aja . Mungkin ad sistem yg crash... Cara nya msuk xrevovery ...
- Matiin hp
- Hidupkan hp sambil pencet tombol home- power dan vol up, trus pilih wipe data cara pilih dengan vol up atau down.. Klik ok dengan tombol home

Unknown said...

saya mau nanya hp saya sony xperia miro, sering ngerestart atau mati sendiri tiba tiba, trs camera 360 nya kadang ga bisa nge save poto, padahal setingan nya udah bener dan memori nya masih kosing. terus kalau download di play strore selalu error terus padahal chace sama data nya udah dihapus, dan versi nya itu versi terbaru versi 4.4.21, tapi selalu error terus. mohon bantuan nya ya gan. Terimakasih, maaf kalau terlalu panjang

Unknown said...

Sya mw banyak admin..

Hp saya Sony xperia m4 aqua.. Padahal aplikasi nya gk bnyak, hanya bawaan nya..
Tapi
Gampang nge hang dan mati tanpa sebab..
Mohon solusi nya admin..

Unknown said...

Min.. Sya mau nanya..
Hp sya Evercoss A75W kitika di mainkan(membuka sebuah aplikasi) lalu keluar dari aplikasi itu, tiba tiba malah gak bisa buka aplikasi aplikasi yg lain malah muncul layar hitam doang.. Tpi terkadang masih bisa di tekan home..
Gimana tuh cara ngatasin ny min..
Mksih.

Unknown said...

Bang sya punya oppo neo r831k matot gk bisa ngangkat sma skali...
D reboot datanya kosong

Apanya tu bang?

Unknown said...

Bang sya punya oppo neo r831k matot gk bisa ngangkat sma skali...
D reboot datanya kosong

Apanya tu bang?

Unknown said...

Permisi, saya mau bertanya ni mengenai hp experia m4 aqua saya, masalahnya hp saya sering mati, tiba" langsung hidup lagi tanpa di sentuh, kira" penyebab ny apa ya,aplikasi cuma aplikasi bawaan, saya juga sudah kartu 16gb class 6

ahmad said...

M4 aqua saya juga ms,sering mati sendiri,apalagi kalau datanya dihidupkan wiih. . . .baterai masih 80% bisa mati juga!!!

Unknown said...

mau nanya gan, saya hpnya kok tiba2 layarnya putih semua kalau dalam jangka waktu 2 menit habis di nyalain tuh, mohon penjelasannya gan

urntukulo said...

kalau hang terus terusan bahaya juga ya...
power supply 15v 2a

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host